Tentang Barcodes

  • Semua barcode retail dianggap sebagai Global Trade Item Numbers (GTIN).
  • Format GTIN yang paling umum digunakan adalah UPC-A dan EAN-13. Format ini adalah barcode normal yang Anda selalu lihat dipindai di toko setiap harinya.
  • Pedagang ritel memerlukan barcode unik pada setiap label produk Anda sebelum mereka menerima barang dagangan Anda dalam inventaris mereka.

Bagaimana cara saya menggunakan barcode?

Setelah mendapatkan barcode, Anda perlu menentukan nomor barcode untuk setiap produk yang direncanakan untuk dijual.

Kami menyediakan tabel untuk mempermudah ini.

Selanjutnya, desainer perlu menambahkan gambar barcode yang sesuai pada setiap label produk.
Software Point of Sale pada setiap pedagang ritel bersifat unik. Software harus diperbarui secara manual dengan informasi produk baru beserta nomor barcode yang terkait. Langkah terakhir adalah mengirimkan informasi ini ke pedagang ritel yang bekerjasama dengan Anda.

 

Berapa banyak barcode yang saya butuhkan?

Setiap produk yang akan Anda jual membutuhkan nomor barcode sendiri. Barcode versi EAN dan UPC mewakili produk yang sama. Jumlah barcode yang Anda butuhkan tergantung pada variasi produk yang Anda miliki.
 

Bisakah saya membuat barcode UPC atau EAN sendiri?

Oleh karena standar global GS1 yang ketat, perusahaan tidak dapat membuat kode UPC atau EAN mereka sendiri. Untuk mendapatkan barcode resmi yang dapat dipindai dalam software Point of Sale, Anda harus mendaftar langsung ke GS1 atau menggunakan jasa penjual resmi seperti kami! Untuk perusahaan mana pun yang bertanya mengenai bagaimana cara membuat kode UPC atau EAN - jawabannya adalah Anda tidak dapat membuatnya sendiri.

Penjelasan tentang UPC, EAN, GTIN

UPC
(digunakan di Amerika Utara)

Universal Product Code (UPC) adalah barcode ritel 12-digit yang digunakan utamanya di Amerika Serikat dan Kanada. Format ini hanya disarankan jika Anda akan menjual produk secara khusus ke Amerika Utara. Sebagian besar pedagang ritel di Amerika Utara sekarang juga menerima format barcode EAN.

EAN
(digunakan di Amerika Utara)

European Article Number (EAN) adalah format barcode ritel 13-digit yang lebih baru yang digunakan oleh pedagang ritel di luar Amerika Utara. Barcode ini juga disebut "International Article Number" atau kode IAN. EAN dianggap sebagai standar barcode universal dalam dunia ritel.

GTIN
(istilah umum bagi banyak format)

Global Trade Item Numbers (GTIN) adalah kumpulan struktur data yang mencakup semua format barcode ritel. GTIN digunakan secara unik oleh perusahaan ritel untuk mengidentifikasi barang dagangan mereka. Barang dagangan mengacu pada produk yang diberi harga, produk yang dipesan, maupun ditagih oleh pedagang ritel. UPC-A dan EAN-13 adalah dua jenis GTIN yang berbeda.

Apa itu barcode?

Gambar barcode atau simbol UPC adalah serangkaian garis hitam vertikal ber-kode yang diformat saat dipindai. Gambar barcode dapat dilihat di hampir setiap produk ritel di dunia.

Barcode ritel adalah rangkaian nomor yang diformat secara khusus dan diubah menjadi sebuah gambar yang dapat dipindai. Format UPC-A digunakan utamanya di Amerika Utara, panjangnya 12 digit. EAN-13 atau terkadang disebut International Article Number (IAN) digunakan di luar Amerika Utara panjangnya 13-digit.

Kami menyediakan kedua format tersebut dalam setiap pembelian sehingga Anda dapat menjual produk Anda di seluruh dunia!

Apa perbedaan antara UPC dan EAN?

Barcode UPC-A digunakan utamanya di Amerika Serikat dan Kanada. Sedangkan EAN-13 digunakan di luar Amerika Utara.

Anda harus bertanya kepada pedagang ritel dahulu mengenai barcode mana yang mereka butuhkan sebelum mencetaknya.

Panduan Pencetakan

Semua gambar barcode yang kami sediakan telah diformat secara benar dan siap untuk digunakan.

Panduan ini ditujukan untuk membantu Anda yang ingin memodifikasi gambar barcode secara lanjut. Penting untuk menguji barcode Anda dahulu sebelum melakukan pencetakan label secara besar.

Ukuran/Dimensi

Semua gambar barcode harus dicetak dengan kualitas minimal 300 dpi.
Jika Anda tidak memperbesar ukuran gambarnya, kebanyakan pemindai akan berfungsi dengan tanpa masalah.

Spesifikasi yang tepat:

Warna

Kontras antara background dan gambar batang tidak boleh kurang dari 65%

Kombinasi warna yang dapat dipindai
Kombinasi warna yang tidak dapat dipindai

Bagaimana kami bisa menjual barcode GS1?

 

Kami hanya menjual barcode yang tercakup dalam Gugatan Kelompok terhadap UCC tahun 2002. Oleh karenanya semua barcode yang kami jual dibebaskan dari segala macam biaya oleh GS1. Semua barcode kami berasal dari GS1-Amerika. Valid dan diterima di seluruh Indonesia dan dunia.

Kami menjamin bahwa setiap barcode yang kami jual adalah unik, asli GS1, dan belum pernah digunakan sebelumnya.

Siapakah GS1?

GS1 atau Global Standards One adalah produsen internasional dari setiap barcode ritel resmi di seluruh dunia. Setiap barcode yang resmi harus berasal dari GS1.

Kami hanya menjual barcode yang diproduksi oleh GS1 sebelum tahun 2002. Barcode ini dapat digunakan bagi banyak perusahaan baru dan dijamin bebas dari biaya GS1. Stok barcode ini terbatas.
 

 

Sejarah GS1

GS1 pada awalnya dikenal sebagai Uniform Code Council (UCC). Mereka didirikan pada tahu 1974 dengan tujuan utama untuk mengawasi penerapan standar ritel global baru: barcode UPC-A, panjang 12-digit.

Ketika penggunaan barcode menjadi lebih luas, barcode 13-digit barulah dibuat untuk digunakan di luar Amerika Utara. Biasa disebut European Article Number atau juga EAN-13.

Penyelesaian Sengketa UCC dan Pembentukan GS1

Pada tahun 1994 GS1 membuat perubahan pada kebijakan mereka yang berlaku hingga hari ini. GS1 sekarang menarik biaya pendaftaran yang cukup besar serta membebankan biaya tahunan yang jatuh tempo setiap tahunnya selama barcode masih digunakan.

Sebagai hasil dari perubahan kebijakan ini, sebuah Gugatan Kelompok diajukan kepada UCC (sebelum mereka berubah nama menjadi GS1) yang akhirnya selesai pada Agustus 2002. Ketentuan dari perjanjian penyelesaian ini memungkinkan penjualan dan penggunaan kembali barcode yang dibeli dari GS1 sebelum Penyelesaian Sengketa 2002.

 

 

 

Mengapa Kami Bisa Menjual Barcode GS1?

Kami hanya menjual barcode yang tercakup dalam Gugatan Kelompok terhadap UCC tahun 2002. Oleh karenanya semua barcode yang kami jual dibebaskan dari segala macam biaya oleh GS1. Semua barcode kami berasal dari GS1-Amerika. Valid dan diterima di seluruh Indonesia dan dunia.

Lihat Penyelesaian Sengketa UCC di sini.

Dimana saya bisa membeli barcode?

Di sini! Kami menjual 100% barcode asli GS1.

Anda selalu memiliki pilihan untuk pergi ke GS1 langsung untuk mendapatkan barcode Anda.

Namun, GS1 mengharuskan Anda membayar biaya pendaftaran dan mengenakan biaya perpanjangan tahunan selamanya.

Kami tidak mengenakan biaya pendaftaran dan biaya perpanjangan tahunan maupun biaya tambahan lainnya.

Masih ragu? Bandingkan kualitas, harga, dan layanan kami:


Ada pertanyaan?

Tim kecil kami yang berdedikasi siap membantu Anda melalui email, telepon, dan obrolan langsung.

Masuk

Tidak ingat kata sandi?

Setel ulang kata sandi