Peranan Penting Barcode dalam Dunia Retail

Peranan Penting Barcode dalam Dunia Retail

Bagikan

Share on facebook
Facebook

Setiap hari, saat kita pergi ke retail modern seperti mall, supermarket, minimarket, maupun toko modern, kita tidak asing dengan gambar kecil berwarna hitam-putih yang biasanya terletak pada ujung kemasan produk. Gambar itu biasanya dipindai/discan pada sistem kasir sebelum kita melakukan pembayaran. Apakah nama gambar kecil tersebut? Nama gambar kecil itu adalah barcode.

Percaya atau tidak, walau ukuran gambar itu kecil, barcode memiliki fungsi yang sangat besar dan krusial dalam industri retail. Di dalam artikel singkat ini, kami akan mencoba membahas mengenai fungsi utama barcode pada produk.

Peranan Penting Barcode dalam Dunia Retail

1. Barcode Sebagai Identitas

Fungsi pertama, barcode digunakan sebagai identitas unik dari satu varian produk. Bukan databse ya. Nomor dan angka pada barcode akan terkait dengan varian produk dan pihak retail akan melakukan input detail informasi produk seperti merk, rasa, berat, dan utamanya harga ke dalam sistem point of sale atau kasir mereka saat ada varian produk baru. Hal ini berguna agar saat nanti dipindai, informasi produk dapat terbaca pada tampilan program dan terkakulasi dengan baik.

2. Banyak Keuntungan Bagi Perusahaan/Usaha

Yang kedua, dengan menggunakan barcode perusahaan juga akan lebih banyak diuntungkan karena dengan menggunakan barcode data yang di dapat akan lebih akurat, sehingga dapat menghindari kerugian yang diakibatkan salah pengetikan barang baik harga barang maupun jenis barang.

Oleh karenanya, produk yang tidak disertai barcode biasanya akan menemui kesulitan dalam menembus pasar retail modern karena di era modern sekarang, karena tidak mungkin kan sebuah supermarket bekerja secara manual pada kasirnya?

Intinya, hal utama yang ditawarkan oleh sistem barcode ini adalah kemudahan. Dengan menggunakan barcode kita akan lebih mudah untuk menginput data bahkan jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan metode manual. Selain itu, barcode juga membuat pencatatan informasi dan inventaris menjadi lebih akurat karena barcode sendiri di desain dengan tingkat ketelitian dan akurasi yang tinggi.

3. Sistem yang Efisien

Selain itu, barcode bisa dikatakan adalah sistem yang sangat efisien untuk meminimalisir kerugian dengan memberikan pencatatan yang lebih akurat. Juga, dengan menggunakan barcode Anda akan lebih membutuhkan sedikit tenaga untuk menginput data secara manual dan berulang.

 

Share on facebook
Facebook

Masuk

Tidak ingat kata sandi?

Setel ulang kata sandi