Mengapa Kepuasan Pelanggan Begitu Penting?

Mengapa Kepuasan Pelanggan Begitu Penting?

Bagikan

Share on facebook
Facebook

Pelanggan adalah raja. Sepenggal kata tersebut sering kita dengar utamanya bagi kita yang adalah pengusaha. Di dalam sebuah bisnis, pelanggan merupakan elemen dasar yang paling penting. Pelanggan merupakan faktor penentu bagi eksistensi suatu perusahaan karena dari merekalah sumber pendapatan perusahaan berasal. Semakin banyak pelanggan, semakin banyak pula pendapatan yang akan didapat sebuah perusahaan. Begitupun sebaliknya, semakin sedikit pembelian yang ada, semakin kecil pula pendapat perusahaan.

Oleh karenanya, suatu perusahaan akan berusaha secara maksimal untuk mendapat dan memuaskan para pelanggannya. Ada beberapa alasan mengapa kita perlu untuk memuaskan pelanggan, berikut beberapa poin pentingnya:

1.Pelanggan yang puas akan membeli lagi

Bukan rahasia lagi jika pelanggan yang puas dengan layanan usaha kita, kemungkinan mereka untuk kembali dan membeli produk di perusahaan kita jauh lebih besar. Pelanggan akan lebih condong untuk membeli produk kepada perusahaan yang sudah terbukti dan memiliki track record dibanding dengan perusahaan atau tempat yang baru.

2.Rekomendasi akan selalu diberi

Percaya atau tidak, promosi terbaik bagi suatu usaha adalah rekomendasi keluarga maupun teman. Pelanggan yang puas, kebanyakan akan memberikan dan menceritakan pengalaman baik mereka kepada keluarga maupun teman. Rekomendasi dari orang terdekat, jauh lebih tepercaya dibanding dengan iklan, maupun promosi konvensional.

3.Perusahaan Anda akan menjadi beda

Teori kepuasan pelanggan memang banyak dikenal di kalangan pelaku usaha. Namun percayalah bahwa banyak pelaku usaha tidak peduli dengan kepuasan pelanggan. Buktinya, tak terhitung banyaknya keluhan pelanggan yang membeli produk yang tidak sesuai dengan ekspektasinya. Terlebih, banyak usaha yang tidak melakukan pembenahan dan merasa nyaman dengan kondisi tersebut. Jika Anda bisa memberikan kepuasan pelanggan dan hubungan Anda dengan pelanggan tidak berakhir dalam satu kali penjualan, Anda pasti akan lebih unggul dari kebanyakan pesaing Anda.

Memulai bisnis tidaklah mudah bagi siapa pun apalagi memuaskan setiap pelanggan yang ada. Namun, percayalah bahwa hal inilah yang akan membantu kemajuan bisnis Anda. Kami sadar bahwa tidak mungkin sebuah perusahaan akan akan memuaskan pelanggan dengan sangat baik. Oleh karenanya tetap perhatikan semua komentar dari pelanggan dan belajar dari perilaku konsumen Anda. Lakukan peningkatan dan evaluasi berkala jika diperlukan. Tetaplah sadar bahwa segalanya mudah berubah. Keluarkan setiap inovasi demi memuaskan pelanggan Anda.

Sekarang saatnya untuk mempraktikkan tips ini dan semoga jumlah pelanggan Anda meningkat!

Share on facebook
Facebook

Masuk

Tidak ingat kata sandi?

Setel ulang kata sandi