Jika Anda membaca postingan ini dan telah menelusuri website Barcodes Indonesia, Anda harusnya sudah memiliki informasi yang cukup jelas mengenai barcode retail: barcode UPC-A dan EAN-13. Barcode adalah hal yang esensial dan penting dalam industri retail. Di dunia retail modern, wajib bagi kita untuk memiliki barcode pada produk agar dapat diterima dalam industri retail modern seperti mall, swalayan, minimarket, dan platform jual-beli online. Namun banyak konsep yang sedikit keliru mengenai barcode. Barcode pada dasarnya hanyalah nomor unik yang diubah menjadi gambar dan ketika didaftarkan pada penjual retail, nomor ini akan memudahkan dalam penghitungan harga, pelacakan dan pemantauan stok produk. Jadi singkatnya, barcode hanyalah identitas unik dan tidak dapat menyimpan informasi produk secara rinci.
Selama ini kita berpikir bahwa penggunaan barcode hanya berlaku untuk produk retail kebutuhan rumah tangga saja seperti makanan, minuman, sabun, shampoo, bumbu instan, dan lain-lain. Namun ternyata barcode retail dibutuhkan dan juga menjadi standar dalam industri musik. Selain digunakan sebagai penanda dalam CD fisik, barcode retail ternyata juga dibutuhkan dan menjadi standar dalam platform musik digital, seperti Spotfy, iTunes, Pandora, dan Amazon. Platform digital tersebut mengharuskan Anda memiliki barcode pada album digital Anda, baik itu UPC-A ataupun EAN-13. Barcode pada CD dan musil digital digunakan untuk melacak penjualan trek melalui saluran distribusi tersebut.
Di dalam penjualan satu varian album, Anda wajib mencantumkan satu barcode nomor EAN maupun UPC sebagai syarat distibusi di industri retail. Hal ini diwajibkan agar retail dapat melacak data penjualan untuk setiap produknya dengan tepat dan menentukan reaksi penjualan sesuai dengan hasil tersebut. Dengan cara ini, harga dapat terlacak secara akurat untuk setiap album di semua titik penjualan dan inventaris dapat dilacak secara efisien.
Semua barcode retail (EAN dan UPC) resmi yang dijual di seluruh dunia harus berasal dari GS1. Jangan percaya terhadap penjualan barcode non GS1 karena barcode tersebut tidaklah resmi dan tidak berlaku secara global. Ada dua pilihan untuk membeli barcode resmi GS1. Pertama, Anda bisa membeli langsung dari mereka. Namun hal seperti ini jauh lebih cocok bagi industri besar yang memiliki ribuan varian produk dan jumlah karyawan yang banyak. Hal ini dikarenakan GS1 mengharuskan Anda untuk membayar biaya pendaftaran dan perpanjangan langganan tahunan yang sangat besar. Selain itu, membeli barcode dari mereka secara langsung memerlukan banyak dokumen pendukung.
Tetapi bagaimana jika usaha Anda hanya memiliki sedikit varian produk dan membutuhkan sedikit nomor barcode? Di sinilah pilihan kedua dapat dipertimbangkan. Pembelian barcode melalui kami dapat menghilangkan kerumitan dan biaya besar yang mungkin timbul. Oleh karena itu, pembelian barcode melalui kami sangat cocok dan direkomendai untuk kebutuhan bisnis kecil atau menengah (UMKM), atau untuk Anda yang adalah seorang musisi !
Untuk informasi lebih lanjut tentang proses pembelian, jangan ragu untuk menghubungi kami.